Senin, 05 Juli 2010

Pulau Pandang


Pulau Pandang terletak di Kabupaten Batubara Propinsi Sumatera Utara. Memiliki luas hanya ± 9 ha terletak pada posisi (3° 25′ 08.44976″ N dan 99° 45′ 21.08423″ E). Didalamnya terdapat 5 unit perumahan yang dihuni oleh para awak (navigator) mercusuar. Pulau Pandang memiliki kedalaman pantai 1 – 10 meter pada radius 100 m dikelilingi gugusan terumbu karang, pulau ini sangat potensial untuk dikembangkan menjadi objek wisata bahari yaitu selam (diving) dan pemancingan (fishing).
Dipulau ini terdapat tiga bukit dengan bentuk yang khas. Bukit pertama membentuk sebuah perbukitan kecil dengan tinggi kurang lebih 70 meter diatas permukaan laut. Sebuah batu alam besar yang terbelah dua dengan pola yang sangat rapi terdapat di bagian puncak yang sering digunakan orang untuk melakukan persembahan. Di kaki bukit ini terdapat kawasan yang landai dengan tepi yang berbatu, dan dikawasan inilah tinggal para petugas navigasi.
Bukit kedua sangat tepat digunakan untuk memandang bebas kesekeliling pulau, karena bukit ini lebih tinggi dari bukit pertama. Dibukit ini tidak terdapat apa – apa kecuali rumput dan tanah dengan permukaan yang kering. Bukit ketiga adalah bukit yang tertinggi di Pulau ini, sehingga menara suar didirikan diatasnya. Dibukit ini terdapat pepohonan hutan yang lebat.
Untuk menghilangkan kepenatan dengan aktivitas yang sangat padat pulau ini sangat tepat untuk dijadikan tempat wisata dan memancing.



1 komentar:

ty mengatakan...

suatu saat aq pasti kesini

Posting Komentar